Informasi Seputar Kota Cimahi

Rabu, 21 Januari 2015

Jalur Lingkar Utara Cimahi Belum Bisa Diakses

Perkantoran Kota Cimahi
Jalur lingkar utara Kota Cimahi baru bisa dibuka pertengahan hingga akhir tahun 2015. Infrastuktur pendukung ruas Jln. Aruman sebagai akses lingkar utara tersebut belum dibangun secara menyeluruh.

Pantauan di lapangan, Selasa (20/1/2015), pengendara sepeda motor terlihat melintasi ruas Jln. Aruman. Di lokasi terlihat rambu-rambu lalu lintas terpasang, bagian yang masih kurang diantaranya penerangan jalan umum (PJU), saluran drainase, trotoar, dan taman.

Salah satu pengendara sepeda motor, Vica (32), mengaku sudah sering melintasi Jln. Aruman meski belum resmi dibuka. "Mudah-mudahan cepat dibuka untuk umum. Kalau bisa ditambah penerangan, cukup rawan juga kalau malam hari kan daerah sekitarnya masih kebun gitu," katanya.

Ruas jalan tersebut panjangnya 546 meter dengan lebar jalan utama 7 meter dan lebar keseluruhan 14 meter. Di bagian tengah terdapat jembatan yang menyambungkan akses transportasi antara RT 6 RW 7 Jln. Aruman Kelurahan Cibabat dan RT 3 RW 14 Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi Agus Joko mengatakan, jalan Aruman merupakan salah satu jalan yang termasuk pada jalur lingkar utara di Kota Cimahi. Rute jalur lingkar utara ini mulai dari jalan Sangkuriang, jalan Kolonel Masturi, Jln. Encep Kartawiria, Jln. Ciawitali, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Jln. Daeng Muhammad Ardiwinata, Jln. Jati Serut, Jln. Pesantren dan Jln. Aruman yang menembus Kompleks Cimindi Raya menuju Jln. Budi dan akses Pasteur Kota Bandung.

‪"Akses jalan Aruman ini baru akan dibuka secara resmi pada pertengahan atau akhir tahun 2015. Perlengkapan jalan belum selesai, baru badan jalan saja yang selesai. Diantaranya drainase, rambu-rambu, Penerangan jalan umum dan lain-lain," ungkap Agus.‬

Pembangunan jalan ini akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2015 dengan mengajukan anggaran bantuan Pemprov Jabar. "Kami akan melanjutkan pembangunan jalan ini pada tahun anggaran 2015 dengan mengajukan anggaran Pemprov sebesar Rp 5 miliar," terangnya.‬

‪Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Cimahi Santoso Anto mengatakan, jalur lingkar utara diharapkan menjadi alternatif jalu transportasi untuk memecah kemacetan di ruas utama Jln. Jend. Amir Mahmud. "diperlukan adanya penataan yang matang. Jangan memindahkan macet Aruman, tapi mengurai macet di jalur utama. Karena itu butuh rekayasa lalu lintas," katanya
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021