Informasi Seputar Kota Cimahi

Selasa, 17 Juli 2012

Harga Kebutuhan Pokok Di Cimahi Terus Naik

Bulan suci ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Harga kebutuhan pokok disejumlah pasar tradisional di daerah masih tinggi, bahkan cenderung naik. Hal ini antara lain berdampak pada pedagang dan pemilik warung makanan yang mengalami penurunan omset penjualan. Para penjual makanan pun terpaksa harus menyiasatinya.
Hanya beberapa hari memasuki bulan puasa, harga kebutuhan pokok disejumlah pasar tradisional di kota Cimahi, cenderung masih tinggi. Di Pasar Atas kota Cimahi misalnya, harga daging ayam per kilogram, dijual seharga tiga puluh ribu rupiah, atau naik tiga ribu rupiah dibandingkan hari sebelumnya.
Tingginya harga daging ayam, diikuti pula daging sapi, telur ayam, gula putih, dan minyak goreng. Kini harga daging sapi dijual tujuh puluh lima ribu rupiah per kilogram. Ada kenaikan sepuluh ribu rupiah dari pekan sebelumnya.
Harga gula putih kualitas satu yang pada hari sebelumnya dijual sebelas ribu rupiah, kini sudah mencapai angka empat belas ribu rupiah. Demikian pula dengan harga telur, yang belum beranjak dari angka sembilan belas ribu lima ratus rupiah. Padahal sebelumnya telur dijual 15 ribu rupiah per kilogramnya.
Pedagang menduga, kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang puasa, karena perbuatan oknum spekulan.
Berkurangnya pasokan daging dan ayam ini juga terjadi di daerah lain, membuat harga daging sapi dan ayam, paling menyolok kenaikannya. Di pasar tradisional kota Lumajang misalnya, harga daging sapi dan ayam paling tinggi lonjakannya. Harga daging sapi naik dari lima puluh lima ribu menjadi enam puluh lima ribu rupiah per kilogram. Harga daging ayam potong naik dari harga dua puluh ribu menjadi dua puluh lima ribu rupiah perkilogram.

Selain pedagang, kenaikan harga kebutuhan pokok juga berdampak pada pemilik warung makanan. Para penjual akhirnya mengurangi porsi makanannya dengan harga tetap. Selain mengurangi porsi ada juga yang menyiasati dengan penyesuaian harga. Seperti pengelola warteg di Semarang, Jawa Tengah ini misalnya agar tak merugi, harga menu dinaikan.
Kenaikan harga sembako menjelang ramadhan kali ini dinilai warga sungguh memberatkan. Selain kenaikannya merata dan tinggi, pada saat yang sama juga dibebani biaya sekolah ajaran baru. Sementara pendapatan mereka tidak bertambah. Warga berharap pemerintah segera turun tangan, mengendalikan harga sembako, diantaranya rajin menggelar operasi pasar murah.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021