Informasi Seputar Kota Cimahi

Rabu, 20 Juni 2012

Toyib Sulap Koin Rupiah Jadi Kaligrafi yang Indah

Seorang pemuda membuat seni kaligrafi dengan menyusun koin uang logam Rupiah sebagai bahan dasar. Hasilnya, karya kaligrafi itu indah dan tampil beda. Toyib, sang pembuat kaligrafi, itu pun mulai menjual hasil karyanya ke pasar domestik.

Tak semua orang bisa membuat kaligrafi. Perlu keahlian khusus untuk membuatnya. Biasanya, karya kaligrafi menggunakan cat lukis di atas kanvas. Namun Toyib memiliki tampilan seni kaligrafi yang berbeda.

Di Cimahi, Jawa Barat, Toyib menyusun uang koin di atas papan dengan rapih. Susunan koin-koin itu pun membentuk tulisan Arab yang indah nan unik.

Semula, akunya, ia hobi menabung uang logam recehan hasil dari pekerjaannya menjadi sopir angkutan umum sejak tahun 1995. Namun sebagian besar koin-koin itu tak berlaku lagi.

Ia pun menulap koin-koin itu menjadi sebuah seni kaligrafi berbahasa Arab yang indah. Satu karyanya yaitu menggunakan 4.200 koin dengan nominal Rp50 hingga Rp100. Toyib lalu menyusun koin-koin itu di papan berukuran 3 x 3 meter.

Kelebihan karyanya yaitu memberikan warna dan kilauan cahaya bila terkena sinar matahari. Nilai jualnya tinggi karena proses pengerjaan yang sulit dan lama. Meski lama, Toyib bertekad membuat hasil karya serupa dan menjualnya ke pasaran

 

Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021