Informasi Seputar Kota Cimahi

Selasa, 26 Juni 2012

Bunga Bangkai Kembali Ditemukan di Cimahi

Setelah ditemukan di daerah Cimahi Selatan, sebuah bunga bangkai kembali ditemukan di Jalan Tutwuri Handayani 2, RT 01 RW 07, Kampung Cisurupan, Kelurahan Citeureup, Cimahi Utara. Tanaman tersebut tumbuh di halaman rumah Jubaedah (55 tahun), penjual nasi uduk di wilayah sekitar.

Wanita paruh baya itu menemukan tanaman tersebut Selasa (19/6) pagi. Ketika itu, Jubaedah tengah berbenah untuk membuka usahanya di depan gang rumahnya. Awalnya, ia menyangka bunga itu sejenis tanaman bakung. "Bentuknya aneh," kata dia kepada wartawan, Rabu (20/6).

Namun pada malam hari bunga setinggi 37 sentimeter dengan diameter 27 itu mengeluarkan bau tidak sedap. Menurut Jubaedah, mirip seperti bau bangkai tikus. Ia pun akhirnya menanyakan jenis tanaman itu ke suaminya, Maman (58), dan para tetangga.

Bau itu, kata dia, tercium mulai pukul 17.00 hingga 05.00 WIB keesokan harinya. Bunga itu mengeluarkan aroma tak sedap tersebut ketika kondisinya sedang mekar. Sang suami pun menduga tanaman itu adalah bunga bangkai. Para tetangga juga mengatakan hal serupa.

"Seumur hidup saya baru melihat wujud bunga bangkai," ujar Jubaedah. Meski tertarik dengan tumbuhnya tanaman langka itu, namun ia merasa tak enak dengan keberadaan bunga yang tumbuh di halaman rumahnya. "Baunya takut menggangu tetangga."

Salah satu tetangga, Ratnengsih (52) mengatakan aroma tak sedap itu tercium hingga radius 10 meter. Tumbuhnya tanaman itu terletak persis di seberang kiri rumahnya. Selain aroma tak sedap, bunga tersebut kerap dikerubungi lalat.

Awalnya, ia mengaku sangat terganggu dengan aroma tak sedap tersebut. Namun ketika mengetahui tanaman tersebut bunga bangkai, ia memakluminya. "Saya malah tertarik dengan keberadaan bunga itu," kata Ratnengsih.

Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021