Informasi Seputar Kota Cimahi

Jumat, 16 September 2011

Cimahi Butuh 20 Ton Bibit Padi

Kota Cimahi membutuhkan tambahan 20 ton benih padi unggul senilai sekitar Rp 200 juta untuk melakukan penyegaran benih yang terakhir kali dilakukan empat tahun lalu.

Kepala Bidang Pertanian Dinas Koperasi, UKM, Industri, Perdagangan, dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi Suyoto mengungkapkan di Cimahi, Rabu dengan luas seluruh sawah 288 hektar, dibutuhkan benih padi unggul sekitar 21 ton.

Meski bukan mata pencaharian mayoritas warga, sektor pertanian tetap memerlukan keberpihakan anggaran dari Pemkot karena menyangkut kesejahteraan sekitar 1.000 kepala keluarga petani penggarap.

Selain itu,bidang pertanian yang terpelihara baik terbukti berperan menghambat laju alih fungsi lahan yang kian tak terkendali.

Menurut Suyoto, tahun ini baru terbeli 1,5 ton benih padi jenis Mekongga senilai sekitar Rp 15 juta. “Harapan kami tahun depan ada anggaran untuk membeli 20 ton lagi benih unggulan agar penyegaran dilakukan di semua areal sawah,” ujarnya.

Dikatakannya, penyegaran benih padi mutlak perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah produksi gabah sehingga berkontribusi pada kesejahteraan petani. Apalagi, program penyegaran benih padi terakhir kali dilakukan di Kota Cimahi pada 2007 lalu. Sesudah itu pembenihan dilakukan dengan menggunakan sisa gabah hasil panen
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021