Informasi Seputar Kota Cimahi

Jumat, 16 September 2011

DPRD Kecewa Penyerapan APBD 2011 Minim

Ketua DPRD Kota Cimahi, Ade Irawan menyesalkan penyerapan anggaran APBD 2011 semester pertama yang masih sangat kecil. Berdasarkan evaluasi, hingga Juni lalu penyerapan APBD baru mencapai 32,52 persen.

"Hingga Juni lalu, penyerapan anggaran belanja daerah kota Cimahi baru tercapai 32.52 persen, dari target sebesar 95 persen," kata Ade kepada wartawan usai menghadiri rapat Badan Musyawarah (Banmus) di gedung DPRD Kota Cimahi, Kamis (15/9).

Terhambatnya penyerapan anggaran APBD 2011 tersebut, tambah Ade, diakibatkan masih adanya program kegiatan yang masih dalam tahap lelang.

"Untuk itu kami tekankan agar tahun yang akan datang kegiatan yang harus melalui proses lelang sudah direncanakan dan dilakukan pada awal tahun. Dengan begitu kegiatan tidak akan menumpuk di akhir tahun," papar Ade.

Diakuinya, proses lelang yang dilakukan Pemkot Cimahi masih jauh dari harapan, karena dilakukan di waktu yang sangat mepet. Diharapkannya, setelah diberlakukannya lelang pengadaan sistem elektronik (LPSE) awal tahun 2012, hal itu tidak akan terulang lagi.

Terkait hal itu, pihaknya meminta setiap komisi di DPRD Kota Cimahi terus mengawasi sekaligus mendorong mitra kerjanya di satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Sehingga percepatan penyerapan anggaran bisa cepat tercapai, mengingat sisa waktu tahun 2011 tinggal tiga bulan lagi.

Agar penyerapan anggaran bisa mencapai target Ade meminta Pemkot Cimahi segera melakukan langkah-langkah konkret dalam meningkatkan penyerapan anggaran dengan menjunjung asas transparansi dan akuntabilitas.

Seleksi anggaran

Terkait anggaran APBD Perubahan yang dalam waktu dekat ini akan dibahas, pihaknya akan meninjau berbagai kegiatan yang diajukan pemkot. Dengan tegas Ade mengatakan pihaknya juga akan mencoret pengajuan kegiatan yang dinilai tidak realistis.

"Saya tidak segan untuk mencoret pengajuan anggaran yang nantinya kami anggap tidak realistis. Ini dimaksudkan supaya anggaran digunakan untuk kegiatan yang jelas dan bisa dirasakan masyarakat," tegasnya.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021