Informasi Seputar Kota Cimahi

Sabtu, 13 Agustus 2011

Pemkot Harus Bantu, SD Juara Bakal Ditutup

Belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB), sekolah untuk anak kaum duafa terancam ditutup. Sejak berdiri pada 2008, proses pembuatan IMB Sekolah Dasar (SD) Juara di Gg. Mesjid Jln. Melong Raya Kompleks Cijerah II Blok 2, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi ini masih belum beres.

Anggota DPRD Kota Cimahi, Ike Hikmawati mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi belum bisa mengeluarkan IMB karena sekolah tersebut berdiri di atas aset daerah yang belum jelas kepemilikannya.

"Tapi Pemkot Cimahi harus mendorong agar SD Juara ini segera mendapatkan IMB. Pasalnya, SD tersebut sudah memberikan kontribusi prestasi yang cukup bagus terhadap Pemkot Cimahi. Selain itu, SD tersebut sudah membantu Pemkot Cimahi dalam mengurusi anak yatim dan telantar yang seharusnya dipelihara negara," tegas Ike kepada wartawan, Jumat (12/8).

Sejauh ini, kata Ike, Komisi I dan Komisi IV DPRD Kota Cimahi sudah melakukan upaya dengan menindaklanjuti permohonan pengajuan SD yang biaya sekolahnya gratis itu supaya segera memiliki legalitas formal.

"Permasalahannya ada di aset daerah. Sekolah tersebut harus segera memiliki legalitas formal. Untuk itu, Pemkot Cimahi harus segera keluarkan IMB sekolah itu," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala SD Juara, Ivan Supangat mengatakan, SD yang dipimpinnya itu merupakan sekolah binaan dari Rumah Zakat. Walaupun SD Juara belum memiliki legalitas formal, tetapi saat peresmiannya dihadiri langsung oleh Wali Kota Cimahi, Itoc Tochija.

"Itu bukti Pemkot Cimahi mendukung SD Juara. Artinya hubungan kami dengan Pemkot Cimahi sangat baik dan tidak ada masalah. Sebab, sekolah ini khusus untuk menampung murid dari kalangan keluarga menengah ke bawah atau mustahik," jelasnya kepada wartawan.

Diakui Ivan, untuk mengurus IMB pihaknya telah berulang kali mengajukan permohonan izin ke kantor pelayanan perizinan terpadu satu pintu (PPTSP). Namun, proses tersebut terhambat karena sering berganti kepala sekolah.

"Tapi terakhir saya cek kembali katanya IMB segera keluar dalam waktu dekat ini. Sekarang ini kami sedang menunggu kabar lagi," ungkap Ivan.

Dijelaskannya, saat ini murid yang ada di SD Juara berjumlah 143 orang. Seluruh murid yang datang dari kalangan kurang mampu itu sekolah secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun. Seluruh siswa tidak mampu di Cimahi bisa sekolah di situ asalkan dianggap memenuhi kriteria miskin yang telah ditentukan.

Walaupun datang dari keluarga yang kekurangan, sambung Ivan, tapi pada umumnya siswa yang belajar di SD tersebut mampu menorehkan prestasi luar biasa meskipun tidak sedikit dari mereka berasal dari jalanan.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021