Informasi Seputar Kota Cimahi

Selasa, 09 Agustus 2011

Jumlah PKL di Cimahi Naik 3 Kali Lipat


Selama Ramadan hingga mendekati Hari Raya Idulfitri, jumlah pedagang kaki lima (PKL) di Kota Cimahi naik 3 kali lipat dari hari biasanya. Peningkatan jumlah PKLsudah terasa sejak minggu pertama Ramadan.

Serbuan PKL terjadi pada sore hari hingga magrib. Seperti di Lapangan Ciawitali, selama bulan Ramadan puluhan PKL musiman memenuhi lapangan tersebut. Padahal di kawasan tersebut jelas terpampang larangan PKL berjualan terkait Perda Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3).

Selain di Ciawitali, serbuan PKL juga terjadi di Jln. Sriwijaya atau Pasar Antri, serta jalan di seputar Alun-alun Cimahi. Padahal semua kawasan tersebut merupakan kawasan bebas PKL.

Berdasarkan data di Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM, Industri, Perdagangan, Pariwisata, dan Pertanian (Diskopindagtan) jumlah PKL pada 2010 mencapai 1.043 orang. "Tetapi jumlah tersebut fluktuatif, sewaktu-waktu bisa berubah. Jumlahnya bisa bertambah atau berkurang karena PKL musiman sifatnya datang dan pergi, tidak menetap," kata Kepala Bidang Industri, Perdagangan, dan Pariwisata Diskopindagtan, Dadan Darmawan.

Sementara itu, Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban (Tramtib) dan Linmas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi, Uus Supriyadi mengatakan, peningkatan jumlah PKL hingga mencapai tiga kali lipat biasa terjadi pada H-10 hingga H-1 Lebaran. "Seperti di Jln. Gedung Opat sampai Jln. Gandawijaya," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/8).

Selain keberadaan PKL yang sulit dikendalikan menjelang hari raya, pada saat bersamaan juga terjadi pasar tumpah. Salah satunya di daerah Melong. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pasar tumpah bertema bazar Ramadan tahun ini digelar di kompleks warga RW 19 Kel. Melong. Sedangkan tahun lalu bazar Ramadan digelar di pinggir jalan, Jln. Melong Raya, sehingga memakan badan jalan dan menimbulkan kemacetan.

"Kami mendapat laporan jumlah lapak dalam bazar Ramadan tersebut sebanyak 40. Tetapi meskipun sudah ada laporan kepada Satpol PP, kami tidak terlibat dalam bazar Ramadan di Melong," ujarnya.

Jumlah PKL lainnya yang meningkat di Pasar Antri dari 15 PKL kini menjadi 35 PKL. Keberadaan PKL di Cimahi sulit dibendung. Dalam menjaga dan menegakkan K3 khususnya selama Ramadan, Uus menyebutkan jumlah personel yang diterjunkan sebanyak 18 personel tetap dan 18 personel bantuan.

Informasi Bisnis :


Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021