Home » » eKTP Cimahi Terganjal Peralatan

eKTP Cimahi Terganjal Peralatan

Written By admin on Sabtu, 13 Agustus 2011 | 14.39


Pelaksanaan pembuatan KTP elektronik (e-KTP) di Kota Cimahi masih terganjal belum datangnya peralatan yang dijanjikan Pemerintah Pusat.

Sempat menargetkan pembuatan dimulai awal Agustus ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belakangan menginformasikan pengiriman peralatan baru akan dilakukan pada pertengahan Agustus dan 5 September. Target penuntasan pun diundur dari semula pekan kedua November menjadi pekan keempat November.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi Erik Yudha Bhuana mengungkapkan, enam peralatan oleh Kemendagri dijanjikan tiba pada pertengahan Agustus. Enam peralatan tersebut akan ditempatkan masing-masing dua unit di tiap Kecamatan. Sebanyak 24 unit peralatan yang dipinjamkan akan datang kemudian, paling lambat 5 September.

“Posisi kami ya masih menunggu kedatangan alat-alat tersebut. Banyak yang terus menanyakan tentang hal ini. Termasuk para operator nonPNS yang telah kami rekrut. Mereka harus mendapatkan pembinaan teknis dulu sebelum bertugas,” ucapnya.

Menurut Erik, dengan hanya satu alat pinjaman yang saat ini sudah ada di Kota Cimahi, baru bisa dilakukan bintek bagi 14 orang operator PNS pekan ini. Selanjutnya, begitu peralatan yang dijanjikan datang, bintek akan dilakukan untuk seluruh operator. Ke-141 operator inilah nantinya yang akan melayani pembuatan eKTP bagi warga.