Informasi Seputar Kota Cimahi

Selasa, 09 Agustus 2011

40.000 Balita Di Cimahi Mendapat Vitamin A


Sekitar 40 ribu anak balita di Kota Cimahi, Senin (8/8), secara serentak mendapatkan vitamin A. Pemberian vitamin A tersebut merupakan program nasional dalam rangka menyehatkan mata anak-anak Indonesia.

Wali Kota Cimahi, H.M. Itoc Tochija berharap, pencanangan pemberian vitamin A pada balita di Cimahi dapat mencapai target selama bulan Agustus.

"Mudah-mudahan vitamin A ini dapat seratus persen diberikan kepada balita di Kota Cimahi. Semoga IBI (Ikatan Bidan Indonesia) dapat menyelesaikan program vitamin A ini selama Agustus. Karena yang belum diberi vitamin A hari ini (Senin), tetap harus mendapatkannya," kata Itoc di sela-sela kegiatan pemberian vitamin A di RW 6, Kel. Kelurahan Citeureup, Kec. Cimahi Utara, Senin (8/8).

Itoc berharap, dengan pemberian vitamin A, maka anak-anak di Kota Cimahi sehat dan terhindar dari kebutaan. "Setelah pemberian vitamin A, pemerintah melanjutkan dengan gebyar pemberian imunisasi campak," tambahnya.

Senada dengan Itoc, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Cimahi, Hj. Itoc Tochija menyampaikan, vitamin A diberikan kepada balita dari usia 6 bulan sampai 5 tahun. "Diharapkan ibu-ibu dapat membawa anak balitanya ke posyandu atau puskesmas untuk mendapatkan vitamin A ini, karena sangat banyak manfaatnya, terutama untuk ketahanan tubuh," katanya usai memberikan vitamin A kepada 120 anak di Posyandu Teratai, Kel. Citeureup, kemarin.

Menurutnya, jumlah keseluruhan anak yang akan menerima vitamin A sebanyak 40.611 anak. Terdiri atas anak usia 6 bulan sampai 11 bulan sebanyak 5.179 anak dengan warna kapsul biru, sedangkan anak usia 12 bulan hingga 59 bulan sebanyak 35.432 anak dengan warna kapsul merah.

Sementara itu, Kepala Bidang Jaminan Promosi dan Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Cimahi, dr. Fitriani Manan, menyampaikan, vitamin A setiap tahunnya diberikan dua kali pada bulan Februari dan Agustus. "Pada bulan Agustus, pemberian vitamin A disatukan dengan penimbangan balita. Cakupannya 100 persen anak balita di Kota Cimahi," katanya.

Dikatakannya, pemberian vitamin A ini sangat penting mengingat vitamin A tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Vitamin A hanya diperoleh dari makanan atau makanan diversifikasi maupun vitamin dalam bentuk kapsul. Bagi balita, pemberian kapsul vitamin A dapat meningkatkan ketahan tubuh.

"Sehingga jika ada yang tidak datang ke posyandu, petugas kami yang mendatangi anak balita tersebut ke rumahnya masing-masing, sehingga target pemberian vitamin A seratus persen dapat selesai pada bulan Agustus ini," ungkapnya.

Informasi Bisnis :


Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021