Informasi Seputar Kota Cimahi

Selasa, 09 Agustus 2011

Pemkot Cimahi Tak Anggarkan Dana THR untuk PNS-nya


Berbeda dengan pegawai negeri sipil (PNS) lainnya, PNS Kota Cimahi tidak mendapatkan tunjangan hari raya (THR) Idulfitri. Pasalnya Pemkot Cimahi tidak menyiapkan dana khusus dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk THR.

Kabag Humas Pemkot Cimahi, Harjono mengatakan hal ini sudah berlangsung sejak dua tahun lalu. "Secara khusus memang tidak ada anggaran untuk THR bagi PNS di Cimahi. Tidak adanya pemberian THR kepada PNS Kota Cimahi ini sudah berlangsung sejak dua tahun," katanya kepada wartawan, Senin (8/8)

Menurut Harjono, yang ada hanya tunjangan perbaikan pendapatan (TPP) dan honor kegiatan. Namun itu pun sudah diberikan setiap bulan. Mengenai TPP dan honor kegiatan ini, seluruhnya diserahkan kembali pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masing-masing. "Jadi tinggal bagaimana SKPD yang bersangkutan mengaturnya," ungkapnya.

Lebih lanjut Harjono memaparkan TPP yang diberikan jumlahnya variatif. Tergantung beban kerja yang dilaksanakan termasuk berapa besaran anggaran yang dikelola tiap SKPD. Misalnya saja bisa jadi kabag humas dengan kabag umum, TPP-nya lebih besar kabag umum karena anggaran yang dikelola lebih banyak. Meskipun sama-sama di sekretariat dengan kesibukan yang sama.

"Kisarannya tergantung, misalnya untuk staf terkecil dari Rp 300 ribu. Namun bagi SKPD lain yang beban kerjanya lebih besar, TPP yang diperoleh untuk golongan yang sama bisa lebih dari Rp 300 ribu," tambahnya.

Meski begitu bukan berarti menjelang hari raya nanti PNS di Pemkot Cimahi tidak mendapatkan apa pun. Sebab pihaknya masih mengenal uang lembur.

Sementara itu, Kasubag Anggaran Bagian Keuangan Pemkot Cimahi, Richard Nikolas mengatakan, selama ini memang tidak ada istilah THR bagi PNS Kota Cimahi. Disebutkannya, pemberian THR di lingkungan Pemkot Cimahi tidak bisa disamakan dengan sistem pemberian THR seperti di perusahaan swasta lainnya. Pasalnya dalam APBD tidak ada kata yang menyebutkan penyediaan anggaran THR.

Meski begitu bukan berarti Pemkot Cimahi tidak memperhatikan karyawan. Diakuinya, pihaknya sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 miliar untuk sekitar 6 ribu lebih PNS Kota Cimahi sebagai bentuk partisipasi menjelang Idulfitri.

"Jadi bentuknya bukan tunjangan, melainkan dana partisipasi. Dengan dana partisipasi ini diharapkan kinerja dan pelayanan pada masyarakat bisa lebih ditingkatkan," tegasnya saat dihubungi wartawan, kemarin.

Informasi Bisnis :


Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021