Informasi Seputar Kota Cimahi

Jumat, 23 Desember 2011

Polres Siap Amankan SBY Jika ke Lembang

Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Cimahi menyatakan kesiapannya melakukan pengamanan Natal 2011 dan Tahun Baru 2012. Kesiapan tersebut ditunjukkan dengan apel gelar pasukan Operasi Lilin dan tahun baru di halaman Mapolres Cimahi, Kamis (22/12). Untuk pengamanan dua momen di pengujung tahun 2011 ini, Polres Cimahi menyiagakan 950 personelnya, termasuk petugas dari TNI, Linmas, dan Satpol PP.

"Pasukan gabungan tersebut mulai besok (hari ini, red) dibagi untuk mengamankan dua wilayah, yaitu KBB (Kab. Bandung Barat) dan Kota Cimahi," ujar Kapolres Cimahi, AKBP Anwar, S.I.K.

Kesiapan yang ditegaskan Kapolres Cimahi juga berlaku jika Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) benar akan merayakan tahun baru di Lembang, KBB. Namun, khusus untuk kabar SBY ke Lembang pada malam tahun baru, Anwar mengaku belum mendapatkan informasi resmi.

"Sebagai petugas, kami akan tetap melakukan pengamanan. Namun jika kabar tersebut (SBY ke Lembang, red) benar, tentunya kami siap untuk melakukan pengamanan. Untuk pengamanan tersebut kami tidak akan melakukan penambahan pasukan secara khusus," tandas Anwar.

Dijelaskan Anwar, seluruh personel gabungan pengamanan Natal dan tahun baru akan ditempatkan di dua wilayah, yaitu KBB dan Kota Cimahi mulai dari 23 Desember hingga 1 januari 2012.

Untuk mengantisipasi gangguan keamanan, terutama aksi terorisme, Anwar memastikan, di dalam pasukan gabungan yang akan diterjunkan terdapat tim penjinak bom atau J-Bom. Dikatakannya, tim ini akan ditugaskan untuk mengawasi gereja-gereja dan tempat peribadatan lain.

"Untuk pengawasan dan pengamanan perayaan Natal, kami akan turut melibatkan tim J-Bom. Tim itu nantinya akan melakukan penyisiran di sejumlah gereja," ungkapnya.

Untuk malam pergantian tahun, Anwar mengatakan, ada tiga titik konsentrasi penumpukan massa, yaitu Alun-alun Kota Cimahi, Kota Baru Parahyangan, dan Lembang. "Setidaknya, nanti akan ada 6 pos pengamanan. Namun untuk perayaan tahun baru ada tiga tempat konsentrasi massa, yaitu Alun-alun Cimahi, Kota Baru Parahyangan, dan Lembang. Di sanalah anggota kami akan dipusatkan," urainya.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021