Home » » Cimahi Terima Penghargaan "Kota Sehat"

Cimahi Terima Penghargaan "Kota Sehat"

Written By admin on Jumat, 18 November 2011 | 08.50


Kota Cimahi, Jawa Barat menerima penghargaan sebagai Kota Sehat. Terkait dengan penganugerahan itu, Wali Kota Cimahi Itoc Tochija menilai, penghargaan itu adalah imbas dari pelaksanaan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang terus mengalami peningkatan.

"Derajat kesehatan meningkat terus. tiap tahun kita mendapatkan penghargaan salah satunya di bidang kesehatan. Tahun 2009 kita mendapatkan Swastisaba Padapa untuk dua kategori, tahun ini kita dapatkan Swastisaba Wiwerda karena empat kategori yang kita ajukan dianggap terpenuhi," ujar Itoc, Selasa (15/11/2011).

Sebelumnya, sebanyak enam kabupaten/kota di Jawa Barat mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten/kota tersehat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tiga daerah yang mendapatkan penghargaan untuk kategori Swastisaba Wiwerda (pembinaan) adalah Kota Cimahi, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Sukabumi.

Sedangkan tiga daerah lainnya mendapatkan penghargaan Swastisaba Padapa (pemantapan) yakni Kabupaten Kuningan, Subang, Cianjur dan Kota Banjar. Penghargaan itu langsung diterima oleh bupati/wali kotanya masing-masing dari Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih di Auditorium Prof Dr GA Siwabessy Kantor Kementerian Kesehatan Jakarta, pada Senin (14/11/2011) malam.

Tentang penghargaan ini, Kepala bidang Pelayanan Informasi dan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Cimahi, dr Fitriani Manan mengatakan, ada sembilan indikator sebuah kota layak mendapatkan kategori sebagai Kota Sehat. Tahun 2009 Cimahi mendapatkan dua tatanan untuk sarana dan prasana permukiman yang sehat dan ketahanan pangan serta gizi.

"Karena pemberian penghargaan ini dilakukan dua tahun sekali. Maka, pada 2011 kita mendapatkan empat tatanannya dengan kehidupan sosial yang sehat dan mandiri. Di 2013 kita akan meningkat ke Wistara dengan minimal kategori yang harus terpenuhinya lima tatanannya," ujarnya.

Menteri Kesehatan sempat menjelaskan, penghargaan Swastisaba diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten yang telah memberikan banyak kontribusi dan komitmen besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan.

"Penghargaan ini diharapkan bisa memberi motivasi bagi pemerintah kota/kabupaten maupun masyarakat, untuk membangun kepedulian di bidang kesehatan di masa mendatang. Sebab hal itu memberikan kontribusi cukup besar terhadap pembangunan kesehatan di Tanah Air," ujarnya.