Informasi Seputar Kota Cimahi

Sabtu, 13 Agustus 2011

Pabrik Pakaian PT Matahari Dilalap Api

Bandung - Pabrik pakaian PT Matahari Duta Warna di Jalan Jayadikromo, Kampung Hujung, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, ludes dilalap api, Kamis, 11 Agustus 2011, pukul 00.15.

Hingga saat ini penyebab kebakaran dan adanya korban jiwa belum diketahui. Namun kerugian material diduga mencapai miliaran rupiah.

Salah satu saksi, Yuli, mengatakan peristiwa diketahui terjadi sekitar pukul 00.15 WIB. "Saya melihat api membumbung dari arah panel listrik di dekat gudang," ujarnya di lokasi kejadian, Kamis, 11 Agustus 2011.

Menurut Yuli, sebagian pekerja sudah selesai bekerja dan pulang sekitar pukul 23.00. Meskipun begitu, masih ada sebagian pekerja yang sedang menaikkan barang ke kontainer. "Karena api sudah besar, saya langsung memberi tahu kawan-kawan untuk keluar dulu dari pabrik," tandas karyawati berusia 30-an tahun ini.

Petugas pengamanan, Irjang, mengatakan bahwa yang diamuk api adalah gudang PT Matahari Duta Warna yang memproduksi pakaian berupa kaus kaki, sarung tangan, dan sweater untuk ekspor. Sedikitnya, kata dia, tiga gudang terbakar.

"Api cepat membesar karena tiupan angin kencang," katanya. "Beberapa pegawai sempat syok dan terjatuh saat berlarian keluar dari pabrik karena panik," imbuh Irjang.

Pantauan Tempo, hingga pukul 02.00 dini hari, upaya pemadaman masih terus dilakukan. Sejumlah mobil pemadam kebakaran gabungan dari Kota Cimahi dan sekitarnya tampak bergantian keluar-masuk lokasi kejadian jalan yang lebarnya cuma untuk dua mobil.

Sementara itu, saat pemadaman dilakukan, angin terasa cukup kencang berembus. Selain akibat tiupan angin, api cepat membesar karena menyambar bahan yang mudah terbakar di dalam pabrik. Peristiwa ini menjadi tontonan ratusan warga sekitar pabrik anak perusahaan PT Matahari Sentosa Jaya ini.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021