Home » , » Triputra Karya bangun kondominium di Cimahi

Triputra Karya bangun kondominium di Cimahi

Written By admin on Minggu, 24 Juli 2011 | 17.47

PT Triputra Karya Agung membangun kondominium hotel, aparteman, dan convention center dengan nama Gren Horison Degreen Pasteur di Cimahi, Jawa Barat, dengan investasi senilai Rp350 miliar.

Adrianto Trisnadi, Direktur Utama PT Triputra Karya Agung, mengatakan sumber pendanaan kondotel tersebut antara lain bersumber dari pinjaman lembaga keuangan.

“Kami perhitungkan biaya pembangunan sekitar Rp350 miliar. Memang dana tersebut terlihat kecil, namun perusahaan telah memperhitungkannya,” katanya di sela-sela ground breaking Gren Horison Degreen Pasteur di Cimahi, Jabar, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan investasi tersebut akan digunakan untuk keseluruhan pembangunan, baik kondotel, convention center, dan water entertainment. Proyek pembangunan fisik, kata dia, ditargetkan rampung pada pertengahan 2013 dan langsung siap diserahkan kepada konsumen.

Dia mengatakan kondotel dengan jumlah kamar sebanyak 395 unit dan convention center berkapasitas 4.000 orang tersebut dibangun di atas lahan seluas 3,2 hektare di lokasi strategis, karena dekat dengan pintu Tol Baros.

“Proyek tersebut merupakan pembangunan kawasan terpadu. Kami melihat kebutuhan hunian hotel di wilayah Bandung dan sekitarnya masih begitu besar, sehingga pangsa pasar kondotel diperhitungkan masih cerah,” ujarnya.

Purwantono, Vice Director Operation PT Metropolitan Golden Management, mengatakan pangsa pasar kondotel terutama dengan fasilitas hotel bintang lima masih terbuka.

“Kami rencananya akan memasarkan kondotel ke sejumlah negara di Asia, seperti Singapura. Semakin banyaknya rute penerbangan dari Bandung ke sejumlah negara tetangga mengindikasikan bisnis pariwisata masih berpeluang tumbuh,” katanya.

Dia mencontohkan market korporasi di Singapura cukup menjanjikan untuk digarap.

Selain itu, kata Tono, strategi lain menggarap pasar luar negeri adalah dengan mengikutsertakan dalam pameran internasional di Eropa.

“Indonesia memiliki beragam budaya yang bisa menjadi magnet untuk menarik wisatawan asing. Ini menjadi salah satu senjata untuk memasarkan kondotel di pasar luar negeri,” katanya.

Metropolitan Golden Management merupakan operator pengelola jaringan properti grup Horison di Tanah Air.

Wali Kota Cimahi Itoc Tochija mengatakan pembangunan kondotel dan convention center berpotensi menarik ribuan wisatawan untuk menginap dan bertransaksi bisnis.

Dia mengatakan Kota Bandung dan sekitarnya saat ini belum memiliki gedung pertemuan dengan daya tampung melebihi 2.000 orang.

“Letak Cimahi cukup strategis untuk menampung dan menyelenggarakan berbagai kegiatan bisnis. Pemkot siap memfasilitasi pengusaha, terutama dalam hal telematika,” katanya.

Menurut dia, industri telematika di Cimahi berkembang cukup pesat, sehingga bisa melayani berbagai kebutuhan bisnis.(faa)