Informasi Seputar Kota Cimahi

Jumat, 29 Juli 2011

Liburan Bersepeda ke Wisata Kuda, Paku Haji


LIBURAN kali ini sedikit berbeda karena harus banyak menguras keringat dan tenaga. Saya dan kawan-kawan pesepeda yang gemar bersepeda Cross-Country (XC) menyambut ajakan Komunitas Pesepeda Cimahi (Threeple-C) untuk memperingati ulang tahunnya yang ketiga dengan Fun XC pada hari Minggu (10/7). Dengan mengambil start di Pemkot Cimahi dan dilepas oleh Walikota Cimahi, Ir. H. M. Itoc Tochija, perjalanan sejauh 12,5 km telah dipersiapkan panitia dengan mayoritas trek berupa tanjakan.

Peserta yang hadir diperkirakan ada 300 orang yang terdiri dari atlet, pecinta XC, dan para pesepeda baru (newbie). Acara yang dimulai pukul 06.00 membuat saya harus berangkat dari rumah di daerah Binong selepas Subuh dimana cuaca kota Bandung saat ini sedang dingin-dinginnya. Rute perjalanan untuk acara Fun XC ini sendiri terbagi menjadi 5 (lima) pos. Pos 1 merupakan jalan beraspal karena masih berada di wilayah perkotaan (Padasuka, Citeureup, dan Cipageran) tetapi sudah mulai menanjak pada 2 km setelahnya.

Memasuki Pos 2 peserta sudah disuguhi oleh jalan tanah di tengah perkampungan yang juga terus menanjak (Desa Tanimulya). Pada pos ini juga ditemukan jalan tangga menurun dan menanjak yang membuat para peserta harus menggendong sepedanya masing-masing. Alhamdulillah pada Pos 3 peserta disuguhi jalan menurun yang berupa aspal mulus maupun berkerikil. Pada Pos 4 para peserta benar-benar diuji endurance-nya karena jalan kembali menanjak dan sinar matahari yang semakin terik. Namun, semua itu terbayarkan saat menjelang memasuki finish di Wisata Kuda, Paku Haji, karena peserta disuguhi single track yang jika tidak hati-hati akan membuat keseimbangan goyah dan jatuh.

Secara keseluruhan, saya menilai bahwa inilah liburan paling ekstrem yang dirasakan. Sebagai pecinta olahraga bersepeda, saya bisa menguji ketahanan fisik sendiri saat menjajal pos demi pos. Alhamdulillah semuanya terlampaui dengan baik meski sampai finish telah menunjukkan pukul 12 lebih sedikit. Kegembiraan yang bisa dirasakan adalah kebersamaan para pesepeda yang meski lelah dan capai tetapi tetap ceria dan menyenangkan. Suguhan makanan dan souvenir pun menjadi pelengkap liburan yang sangat berarti ini. Selamat ulang tahun ketiga, Threeple-C. Terima kasih atas liburan yang mengasyikkan ini. (Agus Wibowo)***


Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021