Informasi Seputar Kota Cimahi

Kamis, 28 Juli 2011

Cimahi Siapkan 5 Milyar Untuk e-KTP


Demi menyiapkan pelayanan e-KTP (KTP elektronik), Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, Jawa Barat telah menganggarkan dana sebesar Rp. 5 miliar. Anggaran sebesar itu untuk melayani pembuatan KTP elektronik bagi 456 ribu orang, demikian keterangan Kepala Dina Kependudukan dan Pencatatan Sipir Kota Cimahi, Erik Yudha Buana sebagaimana dirilis oleh Antaranews.com.

Diakui oleh Erik bahwa biaya pembuatan KTP elektronik ini memang lebih mahal daripada yang konvesional. Menurut informasi, kabarnya satu blanko e-KTP diperlukan dana Rp.23.000,- hingga Rp.26.00,-.

“Meski begitu, kita kemungkinan tidak akan bisa melaksanakan penggunaan e-KTP tepat waktu, karena keterbatasan alat yang dimiliki Pemkot Cimahi, sebab peralatan yang dibutuhkan e-KTP sampai saat ini belum datang juga. Rencananya, akan datang 28 Juli, tapi sampai sekarang belum datang juga," demikian ungkap Erik.

Saat ini, penggunaan e-KTP ini baru sudah disosialisasikan di berbagai daerah. Salah satu manfaat dari penggunaan e-KTP yaitu untuk penertiban kependudukan yaitu menghindari identitas ganda karena data penduduk nantinya akan berlaku secara nasional. Targetnya, hingga akhir tahun 2011 ini penduduk yang wajib memiliki KTP sudah memiliki e-KTP.

Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021