Informasi Seputar Kota Cimahi

Jumat, 15 April 2011

Banyak Pejabat Pemkot Belum Kuasai TIK

Penggunaan dan penguasaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kalangan pejabat Pemkot Cimahi masih minim. Baru 20% pejabat yang fasih menggunakan dan memiliki pengetahuan mendalam tentang TIK.

Kepala Kantor Arsip Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik (KAPPDE) Kota Cimahi, Hadi pada Fokus Grup Discussion E-society dan E-government di Baros Information and Technology Creative, Jln. Baros, Kamis (14/4) mengatakan, terjadi ketimpangan antara pejabat dan pegawai Pemkot Cimahi dalam penguasaan dan aplikasi penggunakan TIK.

"Saat ini sudah 80% pejabat yang mampu menggunakan perangkat TIK. Tetapi dari 80% itu baru 20% yang memahami dan menguasai TIK. Hal ini menimbulkan kesenjangan antara birokrat dengan pegawai menengah ke bawah yang nyatanya lebih menguasai TIK dibanding atasannya," terang Hadi.

Ketimpangan juga terjadi di lingkungan sekolah, yaitu ketika banyak murid yang mampu mengoperasikan dan mendalami TIK dan pandai merakit komputer, tetapi guru-gurunya menggunakan perangkat TIK hanya untuk kebutuhan sederhana seperti mengetik.

Kesenjangan lainnya juga terjai di lingkungan rumah. Ketika anak-anaknya sudah pandai menggunakan perangkat TIK, orangtuanya justru tidak tahu bagaimana mengooperasikan TIK.

Menghadapi permasalahan tersebut, pihaknya akan terus menggenjot pelatihan TIK di kalangan birokrat, PNS, dan ke sekolah-sekolah. Hadi menuturkan, cara paling efektif mendalami TIK, yaitu dengan pengadaan fasilitas TIK. Sehingga proses belajar dan pemahaman tidak hanya secara teori tetapi harus dipraktekkan dan diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Untuk mewujudkannya, lanjutnya, KAPPDE menargetkan tahun ini seluruh sistem operasi komputer di Pemkot Cimahi menggunakan perangkat Cimahi Open Source (Chios).

Sementara itu, menanggapi permasalahan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, H. Encep Saepuloh mengatakan, Cimahi memiliki banyak sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang TIK.

"Sayangnya saat ini belum tergali dengan optimal. Semoga bantuan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dapat mendorong potensi SDM Cimahi di bidang TIK. Karena Cimahi merupakan salah satu daerah dari 18 kota/kabupaten yang dibina BPPT dalam pengembangan potensi SDM-nya," terangnya.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021