Home » , , » Tahun 2010 Jumlah Penderita Kasus DBD di Cimahi Tercatat 1.792 Orang

Tahun 2010 Jumlah Penderita Kasus DBD di Cimahi Tercatat 1.792 Orang

Written By admin on Selasa, 25 Januari 2011 | 05.58

umlah penderita kasus demam berdarah dangue (DBD) hingga akhir 2010 di Kota Cimahi tercatat sebanyak 1.792 kasus dengan 9 orang di antaranya meninggal. Dinas Kesehatan Kota Cimahi mencatat, angka penderita DBD pada 2010 mengalami penurunan, jika dibandingkan dengan temuan kasus DBD pada 2009 lalu, yang mencapai sebanyak 2.039 penderita dan 7 orang di antaranya meninggal. Diperkirakan, penurunan kasus DBD pada 2010 jika dibandingkan dengan temuan kasus DBD pada 2009, dikarenakan adanya anomali cuaca.

Beberapa wilayah yang masih dianggap sebagai daerah endemik DBD di Kota Cimahi, meliputi Kelurahan Cibabat, Cibeureum, dan Kelurahan Cigugur, Kota Cimahi. Meski jumlah temuan kasus penderita DBD menurun, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, dr. Fitriani Manan, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/1) menuturkan, pihaknya akan selalu mewaspadai penyebaran kasus DBD di Kota Cimahi. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang rutin dilakukan setiap minggunya, penyuluhan, larvasidasi selektif, dan tetap melakukan penyelidikan terhadap temuan kasus DBD di Kota Cimahi.

“Tren kasus penderita DBD pada 2010-2011 ini tidak ada penurunan ataupun peningkatan kasus yang terlalu signifikan. Hal tersebut berbeda dengan tren kasus sebelumnya yang mengalami puncak peningkatan kasus DBD. Antisipasi tetap kami lakukan untuk menekan jumlah penderita DBD di Kota Cimahi,” katanya.