Informasi Seputar Kota Cimahi

Kamis, 09 Desember 2010

Warga Cimahi Keluhkan Banyak Jalan Rusak

Warga Kota Cimahi, mengeluhkan banyaknya jalan rusak yang hingga saat ini belum diperbaiki secara menyeluruh. Selain untuk kenyamanan berkendara, jalan yang tidak rusak pun akan mendorong pertumbuhan ekonomi warga. Mereka mengharapkan perhatian khusus dari Pemkot Cimahi untuk segera menyelesaikan jalan yang rusak tersebut.

Priyono (34), seorang warga di Jalan Pasantren, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi mengatakan, hingga saat ini di sekitar jalan tersebut penyelesaian perbaikan jalan belum sepenuhnya dilakukan. Padahal, jalan tersebut mempunyai peran penting dalam akses pertumbuhan perekonomian. “Selain rusaknya jalan, cileuncang kerap terjadi di kawasan ini saat turun hujan cukup deras,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi, Ison Suhud mengatakan, akan memprioritaskan perbaikan jalan yang memiliki dukungan kuat terhadap pertumbuhan ekonomi Kota Cimahi pada tahun 2011. Alasannya, anggaran perbaikan serta pemeliharaan jalan yang dialokasikan, akan berkurang seiring dengan berkurangnya Dana Alokasi Khusus (DAK) Kota Cimahi dari Pemerintah Pusat menjadi Rp 1,9 miliar.

Dia menjelaskan, jalan yang akan menjadi prioritas untuk segera diperbaiki yaitu Jalan Industri, Jalan Kerkhoff, serta jalan-jalan lainnya yang menjadi penghubung lainnya antar kawasan, seperti Cimindi, Baros, dan Leuwi Gajah yang akan dilakukan pengaspalan penuh. "Jalan-jalan itulah yang saat ini sedang kita rencanakan akan segera diperbaiki," katanya. Pada tahun depan, Pemkot Cimahi akan berupaya untuk meningkatkan volume jalan, tambah dia.

Diakui Ison, dengan terbatasnya anggaran, pihaknya tidak mungkin menggarap semua jalan yang kondisinya sudah mengalami kerusakan. Meskipun demikian, dia akan mengupayakan untuk mendapatkan anggaran tambahan termasuk bantuan dari Provinsi. Alasannya, ada beberapa jalan yang statusnya merupakan jalan provinsi. "Karena kalau kita perbaiki semua, biayanya cukup besar. Di samping itu, harga-harga pun melonjak naik. Namun, kami akan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Hal senada dikatakan Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas PU Kota Cimahi, Achmad Nuriana. Saat ini, dalam upaya perbaikan jalan, terkendala anggaran yang terbatas. "Kami bukannya tidak memprioritaskan pembenahan Jalan Kerkhoff pada tahun 2010 ini, karena setiap jalan bagi kami statusnya krusial dan menjadi pekerjaan rumah agar segera dilakukan pembenahan. Hanya saja, selama ini kami terkendala oleh anggaran," katanya.

Lebih jauh ia menuturkan rencana pembenahan yang akan dilakukan secara total tersebut tidak hanya dilaksanakan dengan memperbaiki jalan sepanjang 517 meter, namun pihaknya juga sekaligus akan memperbaiki saluran air atau drainase. Hal serupa akan dilakukan di beberapa jalan, seperti di Jalan Pasantren yang sering menjadi langganan banjir cileuncang apabila turun hujan.

"Bahkan kami juga akan membenahi trotoar yang ada di Jln. Kerkhoff yang mungkin akan menghabiskan waktu 1 bulan, mudah-mudahan pembenahan total tersebut akan terlaksana sesuai rencana pada 2011 depan," tuturnya.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021