Informasi Seputar Kota Cimahi

Jumat, 10 Desember 2010

Pemkot Cimahi Lakukan Negosiasi Untuk Pembebasan Lahan Jalan Tol


Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi dalam melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan akselarasi jalan tol Baros, sepertinya telah menemukan titik temu. Alasannya, satu dari dua kelurahan yang menjadi sasaran pembebasan lahan yaitu Kelurahan Baros, hingga saat ini sudah sampai tahap negosiasi harga lahan.

"Dalam beberapa kali pertemuan yang kita lakukan dengan warga sekitar, akhirnya satu kelurahan yaitu Kelurahan Baros, sebagian besar sudah mau menyerahkan tanahnya untuk mendukung program Pemkot Cimahi. Saat ini, kita sudah dalam tahap negosiasi harga tanah," kata Asisten Pemerintahan Kota Cimahi, Amrullah saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, meski upaya Pemkot Cimahi untuk bisa segera melakukan pembebasan lahan di dua kelurahan tersebut sulit menemui titik terang, pihaknya tetap optimistis jika Desember 2010 ini, lahan yang menjadi sasaran bisa dibebaskan dan diserahkan warga untuk akselerasi jalan tol.

"Bagaimana pun juga, ini untuk kepentingan umum. Bukan untuk kepentingan Pemkot Cimahi saja. Apalagi kawasan Baros yang merupakan lintasan antarkota. Kemudian, kondisi saat ini sering mengalami kemacetan. Oleh sebab itu, pembangunan akselerasi jalan tol Baros dapat menjadi salah satu alternatif agar lalu lintas di kawasan itu bisa lancar," katanya.

Dikatakan Amrullah, sejauh ini jumlah warga di Kelurahan Baros yang sudah menyetujui permintaan Pemkot Cimahi untuk segera membebaskan lahannya sekitar 22 warga. Pihaknya akan terus melakukan negosiasi harga dengan warga lainnya berdasarkan harga tanah yang berlaku.

"Kemampuan anggaran Pemkot Cimahi untuk pembebasan lahan tidak banyak. Tentunya alokasi yang disiapkan sesuai dengan luas lahan yang dibutuhkan. Lagi pula harga harus sesuai dengan harga lahan yang berlaku pada umumnya, dan jangan sampai ini dijadikan kesempatan warga untuk meminta harga lebih," tuturnya.




Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021