Informasi Seputar Kota Cimahi

Jumat, 10 Desember 2010

50 Warga Manfaatkan Layanan SIM Keliling Setiap hari


Hampir sebagian pemohon perpanjangan SIM di wilayah Polres Cimahi memanfaatkan keberadaan SIM keliling saat berada di daerahnya. Hal itu mengindikasikan layanan SIM keliling sudah berjalan efektif dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Dadang Gunawan mengatakan, keberadaan SIM keliling paling tidak menjadi bagian optimalisasi kerja di bidang registrasi dan identifikasi (regiden). Karena selain SIM keliling, juga dibuka samsat keliling yang sifatnya online di seluruh Jabar.

"SIM dan samsat keliling ini dalam rangka optimalisasi pelayanan di bidang regiden. Personel yang turun dari ditlantas dan polres, salah satunya di bidang lalu lintas. Untuk SIM keliling ini, setidaknya dapat menekan sekitar 30-40% permohonan perpanjangan SIM, sehingga tidak semuanya diproses di polres," kata Dadang kepada wartawan di sela-sela kegiatan SIM keliling, di Alun-alun Cimahi, Jln. Amir Machmud, Kamis (9/12).

Saat ini Polres Cimahi baru memiliki 1 unit mobil SIM keliling. Selain di Jln. Amir Machmud, SIM keliling juga dijadwalkan bergilir di daerah Padalarang untuk memudahkan pelayananan bagi masyarakat di daerah Kab. Bandung Barat.

"Jumlah perpanjangan SIM bervariasi setiap hari. Tergantung tanggal, biasanya kalau tanggal muda jumlah warga yang melakukan perpanjangan SIM banyak sampai antre. Kalau tanggal tua jumlahnya sedikit. Tetapi jika dirata-ratakan seharinya 50 orang yang melakukan perpanjangan SIM," jelasnya seraya menambahkan, SIM keliling buka setiap hari mulai pukul 07.00-12.00 WIB.

Adapun biaya perpanjangan SIM Rp 80.000 dan dilengkapi dengan persyaratan lainnya, yaitu cek kesehatan dan pengisian formulir. "Proses perpanjangan SIM keliling ini pastinya lebih cepat dan efisien, tidak lebih dari 30 menit, mulai dari pengisian formulir dan foto hingga SIM tersebut jadi dan siap pakai," ujar Dadang.

Cepatnya proses pelayanan SIM keliling diakui salah seorang warga, Agus, yang kemarin ikut antre untuk perpanjangan SIM.

"SIM keliling memudahkan saya mengurus perpanjangan. Jadi tidak usah datang ke polres, tinggal ke alun-alun saja, karena pelayanannya pun cepat dan mudah," terangnya.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021