Informasi Seputar Kota Cimahi

Kamis, 02 Desember 2010

Kota Cimahi Terkendala Pemerataan Kualitas Guru

Belum meratanya kualitas guru dalam menyampaikan materi kepada siswa, dikhawatirkan akan memengaruhi kualitas pendidikan di Kota Cimahi. Hal tersebut merupakan salah satu kendala yang sedang dihadapi dalam pembangunan pendidikan di Kota Cimahi. Peningkatan kualitas guru sangat diperlukan, sehingga kualitas pendidikan di Kota Cimahi dapat merata.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Cimahi, Atih Hermana mengatakan, saat ini kualitas guru yang ada di perkotaan dengan kawasan pinggiran Kota Cimahi seperti di sekolah dasar di sekitar Gunung Bohong, sangat kentara sekali perbedaannya. Hal tersebut mengakibatkan, pembelajaran yang terjadi di sekolah pinggiran itu sampai kapanpun tidak akan pernah bisa menyamai pendidikan yang ada di kota.

“Faktor kualitas guru tersebut merupakan hal yang penting dalam memajukan pendidikan di Kota Cimahi," kata Atih Hermana, seusai diskusi Pemberdayaan Komite Sekolah, Pembinaan Tehnik, dan Penilaian Kinerja Komite Sekolah se Kota Cimahi, di SMPN 1 Cimahi, Kamis (2/12).

Menurut Atih, dalam meningkatkan kualitas guru di Kota Cimahi, Dinas Pendidikan Kota Cimahi terutama Kementerian Pendidikan Nasional harus berupaya keras dalam memacu peningkatan kualitas guru, di antaranya lewat seminar dan upaya lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Tata Wikanta menambahkan, jika selama ini ada kesalahan persepsi di kalangan masyarakat yang seringkali menganggap bahwa pelaksanaan pendidikan hanyalah tanggungjawab pemerintah semata. Padahal pendidikan merupakan tanggungjawab pemerintah, masyarakat, dan orang tua siswa.

"Saat ini kita tengah berupaya agar kisruh dalam penerimaan siswa baru karena seringkali terjadi adanya pungutan di luar kewajaran tidak terjadi lagi. Karena itu semuanya, bisa diselesaikan di tingkat internal komite sekolah saja, melalui komunikasi yang intensif. Komite sekolah itu bukanlah kepanjangan tangan dari kepala sekolah. Posisi komite sekolah haruslah independen yang tidak bisa diintervensi oleh siapapun," tuturnya.

Tata menambahkan, jika pelaksanaan pemberdayaan komite sekolah ini, secara serempak dilaksanakan dan wajib diikuti oleh seluruh sekolah yang ada di Kota Cimahi. Hal itu dimaksudkan untuk meminimalisir permasalahan pendidikan yang ada di Kota Cimahi.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021