Home » , » Jalan Alternatif Pasantren-Pasirkaliki Cimahi Terancam Amblas

Jalan Alternatif Pasantren-Pasirkaliki Cimahi Terancam Amblas

Written By admin on Jumat, 03 Desember 2010 | 17.10

Salah satu jalan alternatif di kompleks perumahan Bumi Prima RT 22 RW 4 terancam amblas, akibat dinding penahan tanah tergerus saluran air dari Babakan Loa, Kel.Pasirkaliki, Kec.Cimahi Utara, Kota Cimahi. Adanya penyempitan saluran air akibat dibangunnya penahan tanah yang memakan saluran air, diduga menjadi penyebab tergerusnya dinding penahan pada saat debit dan arus air tinggi.

Ambrolnya penahan dinding itu dikhawatirkan warga sekitar akan berdampak pada amblasnya jalan yang digunakan warga sekitar sebagai jalan alternatif yang menghubungkan Jalan Pesantren dengan Jalan Pasirkaliki, Kota Cimahi.

Menurut salah seorang warga, Adang (50), tergerusnya dinding penahan itu terjadi sekitar satu minggu yang lalu, saat hujan deras. “Saat itu, hujan deras yang mengakibatkan debit air di saluran tersebut meluap dan menghantam dinding penahan,” kata Adang. Kejadian tersebut, langsung dilaporkan kepada pemerintahan setempat.

Warga mengaku khawatir apabila tidak segera diperbaiki, maka tidak menutup kemungkinan, jalan alternatif itu akan amblas akibat tergerus air.

Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan dan Permukiman pada Dinas penyehatan Lingkungan dan Kesehatan (DPLK) Kota Cimahi, Ade Ruhiyat saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (3/12) mengatakan, akan segera melakukan perbaikan di lokasi tersebut.

Ade menuturkan, apabila tidak segera dilakukan perbaikan penahan dinding, dikhawatirkan air di saluran itu sedikit demi sedikit akan mengikis tanah akan berdampak pada amblasnya jalan alternatif yang menghubungkan dua wilayah tersebut. Sehingga dapat mengganggu lalu lintas di jalan alternatif tersebut.