Informasi Seputar Kota Cimahi

Senin, 20 Desember 2010

Cimahi Akan Dijadikan Daerah Percontohan Indusri Kreatif


Kota Cimahi dinilai sebagai daerah dengan kemajuan industri kreatif paling tinggi di Jawa Barat. Untuk itu, Cimahi akan dijadikan percontohan untuk kota/kabupaten lain dalam pengembangan industri kreatif di Jabar secara umum.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar Endang Syarifudin sebelum pembukaan acara Evaluasi Industri Kreatif Jabar di Gedung Baros Information Technology Creative (BITC), Kota Cimahi, Kamis (16/12).

Menurut Endang, secara keseluruhan Jabar juga memang sudah mendapat predikat propinsi se-Indonesia paling maju dalam industri kreatif. “Ini dikatakan sendiri oleh Menteri Perindustrian beberapa waktu lalu. Di Jabar sendiri, Kota Cimahi dinilai paling maju,” ujarnya.

Endang menegaskan, Kota Cimahi bisa menjadi percontohan bagi daerah lain di Jabar dalam hal pengembangan industri kreatif. “Kami berharap Kota Cimahi bisa membuka diri bagi daerah lain di Jabar untuk berbagi kiat dalam kebijakan pengembangan industri kreatif,” ujarnya.

Terkait rencana pengembangan industri kreatif di Jabar, Endang menjelaskan, saat ini Diperindag Jabar sudah melakukan pemetaan terkait potensi yang bisa dikembangkan di masing-masing daerah sesuai dengan kondisinya.

Endang menambahkan, ada enam daerah yang akan menjadi pusat pengembangan industri kreatif Jabar, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kab. Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi, dan Cirebon. “Kami akan terus dongkrat industri kreatif Jabar sampai 2015 mendatang sesuai Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2006 tentang ekonomi kreatif,” ujarnya.

Untuk Cimahi, Endang menyoroti keberhasilan industri kreatif dalam bidang teknologi informasi dan animasi. “Mungkin ini bisa juga dikembangkan di daerah lain, tetapi kita lihat juga kondisinya sesuai pemetaan yang sudah dilakukan dan kelompok kerja yang sudah dibentuk,” katanya menjelaskan.

Sementara itu Walikota Cimahi Itoc Tochija mengaku bangga Cimahi akan dijadikan daerah percontohan industri kreatif di Jabar. “Saya berharap keberhasilan kami bisa diikuti daerah lain, karena kami tidak hanya berpikir Cimahi, tetapi Jabar secara keseluruhan harus terus maju dalam industri kreatif,” tuturnya.

Itoc berharap, pemprov juga bisa menyusun formula terbaik untuk pengembangan industri kreatif di setiap daerah di Jabar. “Harus terus dievaluasi apa yang kurang sehingga bisa didongkrak, jika ada yang bisa diambil di Cimahi, silahkan diterapkan juga di daerah lain,” ujarnya.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021