Informasi Seputar Kota Cimahi

Selasa, 16 November 2010

Siswa SD dan SMP Peroleh Bantuan PNPM 2010

Sebanyak 83 siswa SD dan 25 siswa SMP di Kel. Karangmekar, Kota Cimahi, menerima bantuan perlengkapan sekolah dari dana PNPM tahun 2010. Bantuan tersebut langsung diberikan di gedung serbaguna kelurahan setempat, Senin (15/11).

"Ini salah satu bantuan sosial yang disalurkan," ujar Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kel. Karangmekar, Syarif Hidayat.

Ia mengatakan, di bidang sosial, bantuan juga dilaksanakan berupa pemberian biaya bimbingan belajar kepada siswa kelas IX, dengan jumlah 31 siswa. Tujuannya untuk memacu prestasi hingga menghadapi ujian negara. Sedangkan bantuan lainnya yang diberikan, yaitu bagi kader posbindu/posyandu kepada 72 orang warga.

Selain itu, bantuan dengan total Rp 175 juta dari biaya APBN dan APBD pada tahap kedua ini dipergunakan juga untuk pembangunan infrastruktur yang dilakukan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mekar Bersih, Kel. Karangmekar berupa rabat beton di RW 03, pembuatan biopori di 43 titik, dan 3 unit roda sampah dengan lokasi di RW 01, 03, dan RW 07.

Bantuan tersebut juga digunakan untuk pembenahan jalan setapak sepanjang 4.588 meter, kirmir sepanjang 55 meter, drainase 1.014 meter, pembangunan tujuh unit sarana air bersih, enam unit MCK dan air bersih, rehabilitasi sembilan unit rumah warga, pembuatan satu titik sumur resapan, satu unit tempat pengolahan sampah dan satu unit kantor posyandu.

Belum lagi kegiatan sosial yakni berupa pemberian beasiswa kepada 107 siswa, pemberian makanan tambahan bagi 47 anak, pelatihan 115 kader posyandu, pelatihan perbengkelan kepada 10 orang warga, pelatihan komposting skala rumah tangga bagi 70 orang warga, penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di 21 RW, pelatihan komputer bagi 10 orang warga, serta pemberian bantuan sarana bagi delapan unit pos PAUD.

Sementara itu, Koordinator BKM Paguyuban Warga Amanah Sejahtera Kel. Padasuka, Djayadi Rachmat menuturkan, pembangunan infrastruktur lainnya yaitu berupa rehabilitasi dua unit rumah, penyediaan dua unit MCK, satu unit sarana air bersih, pembangunan drainase sepanjang 300 meter, jalan setapak 517 meter.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021