Informasi Seputar Kota Cimahi

Jumat, 13 Desember 2013

Disiagakan 1.317 Personel Untuk Amankan Tahun Baru dan Natal

Sebanyak 1.317 personel gabungan aparat polisi ditambah unsur TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Pemadam Kebakaran (Damkar), Satpol PP, dan Pramuka, siap mengamankan kegiatan Natal dan Tahun Baru 2014 di wilayah hukum Polres Cimahi. Sejumlah gereja utama, sedikitnya akan dijaga antara 30 hingga 40 personel polisi dan aparat terkait lainnya.

Demikian terungkap dalam Rakor Lintas Sektoral antara Polres dengan unsur Muspida Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Gedung Pengabdian Mapolres Cimahi, Jalan Raya Cibabat (Jln. Amir Machmud) Cimahi, Kamis (12/12).

Rakor dalam rangka persiapan Operasi Lilin Lodaya 2013 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2014 tersebut, dihadiri Kapolres AKBP Erwin Kurniawan, Sekda Kota Cimahi Bambang Ari Nugroho, Wakil Bupati KBB Yayat T. Soemitra, Ketua PNBB Achmad Sukandar, S.H., Kajari Bale Bandung Sugiono, S.H., Dandim 0609 Cimahi Letkol Agus Prasetyo Utomo, Dewan Gereja, Ketua MUI Kota Cimahi K.H. Hafidz Suyuti, dan unsur ormas Islam maupun ormas lainnya.

"Operasi Lilin di wilayah hukum Polres Cimahi akan berlangsung 23 Desember 2013 hingga 1 Januari 2014. Dalam operasi pengamanan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 ini, kami mengerahkan 1.317 personel. Yakni anggota Polres Cimahi 983 anggota, sisanya unsur dari kodim, Dishub, Satpol PP, damkar, dan Pramuka," ungkap kapolres.

Dikatakan Erwin, rakor tersebut selain sebagai persiapan Operasi Lilin, juga dalam rangka menyamakan persepsi antara intansi terkait, baik dari Pemkot Cimahi, Pemkab Bandung Barat, Kodim 0609, dan unsur terkait lainnya, sehingga operasi berjalan sesuai harapan.

Menurut Erwin, pihaknya juga akan membentuk tim buru sergap (buser) yang beranggotakan 70 personel. Tim ini akan dilengkapi 35 motor trail dan perlengkapan standar kepolisian, termasuk senjata. Tim ini akan menjalankan tugasnya secara mobile.

"Mereka akan ditempatkan di tiga titik rawan gangguan kamtibmas dan rawan macet yang secara umum mencakup wilayah Lembang, Kota Baru Parahyangan (Padalarang), dan Cimahi," jelasnya.

Tim khusus

Kapolres menambahkan, tugas utama tim buser di antaranya mengamankan berandalan bermotor, baik pada perayaan Natal maupun malam Tahun Baru, serta mengurai kemacetan krusial di suatu ruas jalan tertentu.

Pihaknya juga akan membentuk tim khusus pemburu kejahatan yang dibagi dalam lima rayon. Tugas utama mereka, lanjutnya, untuk mengamankan objek-objek vital seperti perkantoran, tempat ibadah (gereja), gedung perbankan, hotel, tempat-tempat wisata, dan pusat perbelanjaan.

Disiagakan 1.317 Personel Untuk Amankan Tahun Baru dan Natal

Khusus untuk pengamanan di gereja, tambah Erwin, setidaknya ada tiga gereja utama yang akan menjadi prioritas pengamanan dengan menempatkan antara 30-40 personel setiap gerejanya. Ketiga gereja tersebut yaitu Ignatius Baros, GKI Pacinan, dan gereja Lembang. Ketiga gereja ini memiliki jemaah sekitar 500 orang setiap pelaksanaan ibadahnya. "Sementara untuk gereja lain, akan ditempatkan antara 5 sampai 6 personel," jelas Erwin.

Ditanya apakah ada unsur aparat Gegana yang ditempatkan di gereja utama, Erwin menjelaskan, meski tidak secara langsung hadir, namun operasi tersebut tetap didukung tim Gegana Polda Jabar. Bahkan, pihaknya juga membentuk tim sniper. "Unsur Gegana tidak dilibatkan langsung, tapi siap mem-back up," tandasnya.

Ditambahkan, dalam perayaan Natal dan Tahun Baru biasanya terjadi mobilisasi massa di sentra-sentra tertentu seperti tempat wisata, tempat ibadah, dan perbelanjaan. Di tempat seperti itulah akan berpotensi timbulnya gangguan kamtibmas.

Rawan kriminal

Sesuai analisis, kata Erwin, saat perayaan Natal dan Tahun Baru ada tren peningkatkan gangguan kamtibmas seperti pencurian, penganiayaan, perkelahian, dan penyalahgunaan minuman keras. Karena itulah harus ada langkah-langkah antisipasi dan preventif dengan penindakan yang tepat.

Dalam acara itu pun dilakukan pemaparan mengenai estimasi seputar kerawanan kamtibmas di wilayah Polres Cimahi oleh Kasat Intel AKP Suherman, dan pengamanan oleh Kabag Ops Kompol Ijang. Di wilayah Polres Cimahi, ada 28 gereja dan 4 rumah ibadah. Masing-masing 12 gereja dan dua rumah ibadah di Kota Cimahi, serta 16 gereja ditambah dua rumah ibadah di KBB.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021