Informasi Seputar Kota Cimahi

Rabu, 21 Desember 2011

Cimahi Waspadai Siklus Lima Tahunan Demam Berdarah

Kota Cimahi mewaspadai siklus lima tahunan demam berdarah dengue (DBD) yang diperkirakan menyerang mulai Januari 2012 nanti. Pada 2007 lalu, terdapat 2.300 kasus dengan korban meninggal sembilan orang sehingga ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Upaya pencegahan dilakukan mulai dari sosialisasi ke 120 sekola dasar, pemberdayaan warga di 15 kelurahan, hingga fogging (pengasapan) di 30 rukun warga (RW) yang dideteksi sebagai kantong-kantong jentik nyamuk penyebar DBD.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2MPL) Dinas Kesehatan Kota Cimahi Artha Satyawati mengungkapkan sepanjang 2011 ini jumlah kasus DBD tercatat 414 kasus dengan tiga orang meninggal. Jumlah ini jauh menurun dibandingkan jumlah kasus tahun sebelumnya yang mencapai 1.808 kasus dengan tujuh orang meninggal.

“Tahun ini memang terjadi penurunan signifikan. Namun justru karena itulah kami dan seluruh masyarakat harus semakin waspada terhadap bahaya siklus lima tahunan DBD,” katanya, Selasa (20/12).

Menurut Artha, kedatangan musim penghujan pada dua bulan terakhir berpotensi memunculkan banyak genangan air bersih pada bulan Januari nanti. Genangan air bersih ini merupakan sarang kesukaan nyamuk-nyamuk pembawa penyakit DBD. Jika gagal diantisipasi, nyamuk akan mulai bertelur dan 10 hari kemudian ribuan nyamuk baru beterbangan mencari mangsa. “Nyamuk ini tidak mengenal usia korban. Semua bisa terserang DBD, termasuk mereka yang sebelumnya pernah terserang penyakit yang sama,” tuturnya.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021