Informasi Seputar Kota Cimahi

Minggu, 21 Agustus 2011

Pemkot Cimahi Siapkan Operasi Pasar Murah

Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi siap menggelar operasi pasar murah (OPM) pada Ramadan tahun ini. Kota Cimahi menjadi salah satu dari 26 kota/kabupaten di Jawa Barat yang menjadi sasaran penyelenggaraan OPM.

Kabid Industri, Perdagangan, dan Pariwisata (Indagpar) Diskopindagtan Kota Cimahi, Dadan Darmawan mengungkapkan, pihaknya sudah menerima surat edaran dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jabar terkait pelaksanaan OPM tersebut.

"Tadi pagi kami memang sudah menerima surat edaran dari provinsi terkait OPM. Pada dasarnya sih kami siap untuk melaksanakan OPM ini di wilayah Kota Cimahi," ujar Dadan kepada wartawan, Kamis (18/8).
Walaupun sudah siap melaksanakan OPM di wilayahnya, namun Dadan mengaku belum mengetahui tempat dan kapan OPM tersebut diselenggarakan. Pasalnya, dalam surat edaran tidak dijelaskan secara detail mengenai bagaimana mekanisme pelaksanaannya OPM.

"Dalam surat edaran itu hanya tercantum OPM akan diselenggarakan pada minggu ke-3 atau ke-4 Ramadan. Untuk mengetahui lebih lanjut pelaksanaan OPM tersebut, tadi pagi saya utus staf untuk menanyakannya ke Disperindag provinsi, dan saya belum tahu bagaimana hasilnya," tutur Dadan.

Tentang anggaran, Dadan mengatakan, Kota Cimahi tidak menganggarkan secara khusus untuk OPM, karena anggarannya dari pemerintah provinsi. Menurut Dadan, dana yang diberikan kepada Cimahi nilainya mencapai Rp 27 juta. "Tapi itu katanya untuk biaya operasional. Operasionalnya seperti apa saja, saya masih belum dapat laporan dari staf yang tadi datang ke Disperindag," ungkapnya.

Sembako murah

Sementara itu, Kasi Perdagangan Diskopindagtan, Dadan Saefuloh menambahkan, bahan-bahan yang akan dijual dalam OPM itu berupa sembako yang dijual dengan harga murah.

"Itemnya sudah ditentukan dari provinsi. Dalam hal ini Diskopindagtan hanya tinggal memilih tempat dimana OPM ini akan diselenggarakan. Karena baru hari ini (kemarin,red) diterima, jadi kami belum tentukan dimana OPM akan diselenggaran. Tapi satu yang pasti OPM tersebut akan digelar pada minggu ke-3 atau minggu ke-4 Ramadan. Itu berarti dalam waktu dekat ini," tegasnya.

OPM merupakan kegiatan yang digulirkan oleh Pemprov Jabar yang bertujuan untuk stabilisasi harga kebutuhan pokok, dengan pembanding adalah jumlah rumah tangga sasaran (RTS) yang jumlahnya mencapai 2,8 juta orang sesuai dengan data BPS.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021