Informasi Seputar Kota Cimahi

Rabu, 08 Juni 2011

Kota Cimahi Gagal Raih Adipura Tahun 2010

Kota Cimahi tahun ini gagal meraih Piala Adipura tahun 2010 yang merupakan lambang supremasi kota bersih. Sebelumnya, Kota Cimahi selama dua tahun berturut-turut berhasil meraih piala ini, yaitu tahun 2008 dan 2009.

"Kami belum tahu pasti alasan serta konfirmasi dari pusat terkait gagalnya Kota Cimahi untuk meraih Adipura 2010. Namun yang saya tahu ada peningkatan standar nilai untuk Adipura 2010 ini," ujar Kepala Kantor Lingkungan Hidup (LH), Maria Fitriyana ketika ditemui di Pemkot Cimahi, Selasa (7/6).

Maria menuturkan, apabila Kota Cimahi berhasil memboyong penghargaan Adipura, maka undangan penerimaan penghargaan berupa faksimile sudah diterima sehari sebelumnya. Namun hingga Selasa (7/6), saat nama pemenang akan diumumkan di Jakarta sekaligus menerima penghargaan, Pemkot Cimahi tak kunjung mendapatkan undangan tersebut. Ini berarti Kota Cimahi gagal meraih Adipura tahun 2010.

Maria membeberkan, pasti ada kekecewaan atas ketidakberhasilan meraih Adipura tahun 2010. Pasalnya, jika satu kali lagi Kota Cimahi mendapatkan penghargaan Adipura, maka akan mendapatkan gelar Adipura Kencana.

"Namun, hal ini tidak membuat kami patah semangat. Bahkan, inilah semangat baru untuk mengikuti Adipura selanjutnya," bebernya.

Bukan tujuan utama

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Penyehatan Lingkungan dan Kebersihan (DPLK) Kota Cimahi, Dadang Kartiwa mempertanyakan tidak adanya satu kota/kabupaten di Jawa Barat meraih Piala Adipura.

"Ada pertanyaan besar tentunya, kenapa Piala Adipura yang dibagikan tahun ini tidak dimenangkan kota/kabupaten di Jawa Barat, padahal peserta dari Jawa Barat banyak, bukan cuma Kota Cimahi," tegasnya.

Seperti halnya Maria, Dadang pun sampai sekarang belum menerima penjelasan mengapa Kota Cimahi gagal meraih Adipura. "Kami juga sedang mempertanyakan hal ini kepada Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar," tuturnya.

Perihal raihan Adipura, Dadang mengatakan, hal itu bukan tujuan utama Kota Cimahi menata kota menjadi lebih bersih, tertib, dan nyaman. Karena sudah menjadi kewajiban Pemkot Cimahi serta masyarakat Kota Cimahi untuk membangun kota yang bersih, aman, dan tertib.

"Penataan kota bukan semata-mata untuk Adipura saja," ungkapnya.

Mengenai penilaian Adipura tahun 2010, Dadang mengakui semua persyaratan sudah dipenuhi Kota Cimahi, selain pengelolan sampah, penataan taman-taman sebagai ruang terbuka hijau (RTH) pun dioptimalkan. Meski lahan RTH atau space untuk taman masih terbatas di Kota Cimahi, namun pihaknya berupaya optimal dan maksimal untuk menatanya.

Sedangkan mengenai biaya yang disiapkan untuk menghadapi Adipura 2010, Dadang mengatakan, tidak ada bujet khusus. Pasalnya anggaran pemeliharaan kebersihan serta penataan lingkungan sudah di alokasikan di bidang kebersihan sebesar Rp 1,5 miliar. Itu pun bukan anggaran khusus Adipura melainkan pemeliharaan kebersihan.

"Tidak ada persiapan yang berlebihan atau anggaran khusus. Kenapa? Karena setiap pekannya kita selalu gencar menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan lingkungan. Untuk menghadapi Adipura, kami hanya melakukan pemantauan saja dan apabila ada yang kurang, kita lengkapi serta tata kembali," tuturnya. (B.116)**
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021