Informasi Seputar Kota Cimahi

Kamis, 07 April 2011

Rapel Gaji PNS di Cimahi Cair Pertengahan April

Pemerintah Kota Cimahi telah menyiapkan dana sekitar Rp 5,4 miliar untuk pembayaran rapel kenaikan gaji pegawai negeri sipil
Januari-Maret 2011. Rapel kenaikan gaji tersebut diperkirakan sudah bisa cair pada pertengahan April 2011, menyusul kenaikan gaji yang sudah cair 1 April 2011 lalu.

Kepala Sub Bagian Kebendaharaan Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota Cimahi Lia Yuliati mengatakan, pihaknya sempat memperkirakan rata-rata kenaikan gaji sekitar 6.189 PNS di lingkungan pemkot Cimahi akan membutuhkan dana tambahan sekitar Rp 4,1 miliar. “Jadi kami anggarkan alokasi belanja gaji pegawai April 2011 Rp 22 miliar atau naik dari Rp 17,9 miliar dari alokasi gaji Maret 2011. Namun realisasinya, gaji April hanya membutuhkan Rp 19,7 miliar,” ujarnya, Rabu (6/4).

Dengan demikian, tambah Lia, dana tambahan untuk kenaikan gaji April 2011 adalah sekitar Rp 1,8 miliar yang terdiri atas Rp 1,5 miliar untuk kenaikan gaji pokok dan Rp 300 juta untuk kenaikan tunjangan keluarga dan tunjangan khusus. Dengan asumsi yang sama, maka rapel kenaikan gaji Januari-Maret 2011 akan membutuhkan dana sampai Rp 5,4 miliar.

Lia menegaskan, saat ini pencairan rapel gaji Januari-Maret hanya tinggal menunggu pengajuan dari tiap satuan kerja perangkat daerah masuk semua ke bagian keuangan. Dengan begitu, semua PNS di lingkungan pemkot Cimahi akan menerima rape dalam waktu serentak.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Cimahi Encep Saepulloh mengatakan, Pemkot Cimahi tidak kesulitan merealisasikan kenaikan gaji PNS. Pasalnya, kenaikan gaji tersebut sudah diantisipasi sejak pengumuman rencana kenaikan gaji PNS oleh presiden pada akhir 2010 lalu.

Encep mengatakan, sejak rencana kenaikan gaji diumumkan, kenaikan anggaran belanja pegawai sudah dimasukan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah Kota Cimahi 2011. “Jadi sekarang tinggal realisasinya, uangnya sudah ada dan tinggal menunggu prosedur rampung” tuturnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Cimahi Dantje Sunanda mengatakan, kesigapan pemkot Cimahi dalam merealisasikan kenaikan gaji, harus dijawab oleh semua PNS yang ada dengan peningkatan kinerja. “Ini harus dijadikan motivasi baru dalam bekerja dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021