Home » , » PNS di Cimahi Sambut Baik Kenaikan Gaji

PNS di Cimahi Sambut Baik Kenaikan Gaji

Written By admin on Kamis, 07 April 2011 | 09.56

Kenaikan gaji pegawai negeri sipil yang mulai dicairkan Jumat (1/4) disambut baik pegawai di lingkungan pemerintah Kota Cimahi. Sejak pagi, puluhan PNS pemkot Cimahi sudah mengantri di bilik anjungan tunai mandiri dan cabang Bank Jabar yang ada di kompleks perkantoran pemkot Cimahi.

Sebut saja Dhani (34), salah seorang PNS Pemkot Cimahi yang masih penasaran tentang kenaikan gajinya. Dhani mengaku belum sempat mengecek rekeningnya, karena belum sempat ikut antri di bank. “Saya dengar dari teman-teman kenaikan gaji sudah cair, tetapi saya sendiri belum melihat sendiri,” ujarnya saat ditemui Jumat (1/4) siang.

Dhani mengaku sangat bersyukur akhirnya pemerintah merealisasikan kenaikan gaji PNS 2011 yang baru terealisasi pada tri wulan kedua tersebut. Bagi Dhani, kenaikan gaji tersebut menjadi motivasi tersendiri untuk lebih giat menjalankan tugasnya sebagai abdi negara.

Lain dengan Dhani, Feli (28) tampak tersenyum lebar saat keluar dari bilik ATM di sebelah Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kota Cimahi. “Saya sudah memeriksa, ternyata gaji memang sudah naik. Kenaikannya sekitar 15 persen,” katanya.

Feli menambahkan, dirinya akan segera mengajukan rapel untuk mengambil haknya atas kenaikan gaji Januari-Maret yang tertunda. Dalam pemberitaan berbagai media massa nasional, kenaikan gaji PNS 2011 memang direalisasikan pemerintah pusat per 1 April dan untuk kenaikan gaji Januari-Maret, PNS bisa mengajukan rapel.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2011, pemerintah pusat telah menganggarkan Rp 91,2 triliun untuk pembayaran gaji. Anggaran tersebut masuk dalam alokasi anggaran belanja pegawai di 2011 yang mencapai Rp 180,6 triliun atau 2,65 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Di sisi lain, kenaikan gaji PNS memang tidak dapat dipungkiri selalu berimbas pada kenaikan harga bahan pokok. Namun, dari pantauan “PRLM” di beberapa pasar tradisional dan warung kecil di Kota Cimahi, hingga saat ini belum ada kenaikan harga.

Hal tersebut dibenarkan Ida (34) seorang warga Kec. Cimahi Tengah ketika ditemui seusai berbelanja di Pasar Antri Kota Cimahi. “Harga bahan pokok masih seperti kemarin dan hari-hari sebelumnya. Mudah-mudahan ke depan tidak ada kenaikan, karena untuk untuk keluarga wirausaha, penghasilan tidak ada kenaikan,” tuturnya.