Informasi Seputar Kota Cimahi

Kamis, 07 April 2011

Jemaat Ahmadiyah Garut dan Cimahi Tobat


Proses seremonial pertobatan Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) Kota Cimahi tidak berjalan semestinya. Dari 18 orang yang sedianya datang ke Masjid Agung, Cimahi, hanya satu orang bersedia hadir. Sisanya tidak mau hadir karena menolak dipublikasi.

Anggota Ahmadiyah Cimahi yang bersyahadat ialah Dahlan (65). Ia kembali masuk Islam dihadapan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija dan unsur Muspida lainnya di Masjid Agung, Kota Cimahi, Rabu (30/3/2011).

"Rencananya memang hari ini akan hadir 18 orang Ahmadiyah yang bertobat. Tapi hanya satu orang yang datang. Jadi, 17 lainnya tidak hadir karena tidak mau diekspos atau dipublikasi. Yang tidak hadir itu sebenarnya sudah tobat dan membaca syahadat pada Senin lalu," ujar Ketua Dewan Syuro Front Umat Islam (FUI), Hilman Firdaus, di lokasi acara.

Hilman menjelaskan, tidak hadirnya 17 orang itu dimaklumi karena alasan keamanan. FUI menglaim sudah ada sekitar 17 hingga 20 orang Ahmadiyah Cimahi yang kembali masuk Islam. "Tapi mereka enggak mau diekspose secara terang-terangan," ujar Hilman.

Dahlan tadi membacakan dua kalimat syahadat sambi dibimbing Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi, Hilmi Rifai. Kegiatan tersebut disaksikan Wali Kota Cimahi Itoc Tochija dan unsur Muspida serta perwakilan ormas Islam.

Pantauan detikbandung, di dalam masjid tersebut Dahlan disodorkan kertas yang berisi pernyataan masuk Islam. Dahlan akhirnya mengucapkan syahadat sambil didikte oleh Hilmi. Tangan keduanya saling berjabatan hingga akhir pembacaan syahadat. Usai itu, belasan anggota ormas Islam meneriakan takbir.

"Saya ikut Ahmadiyah karena keluarga juga Ahmadiyah," ujar Dahlan sambil menambahkan keluarganya itu belum ada yang bertobat.

Wali Kota Cimahi Itoc Tochija mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk berbaur dan menjaga persaudaran dengan para mantan Ahmadiyah itu. "Mereka jangan dianggap orang asing. Kita harus meningkatkan dan membangun ukhuwah Islamiyah," singkat Itoc.
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021