Home » , » Sekretaris Disdik Kota Cimahi Berharap Kualitas Guru Terus Meningkat

Sekretaris Disdik Kota Cimahi Berharap Kualitas Guru Terus Meningkat

Written By admin on Jumat, 26 November 2010 | 14.31


Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi menargetkan semua guru dan tenaga pendidik di lingkungannya sudah berstatus sarjana (S1) pada 2011 mendatang. Saat ini guru yang sudah S1 di Cimahi baru mencapai tujuh puluh persen.

Sekretaris Disdik Kota Cimahi Ace Hermawan yakin target tersebut bisa dicapai. Pasalnya dari sisa tiga puluh persen guru yang belum S1 adalah mereka yang menjelang pensiun dalam waktu dekat. “Sebagian yang belum S1 akan segera pensiun, hanya ada sebagian kecil guru muda yang saat ini tengah menempuh pendidikan S1,” katanya ketika ditemui di Gedung C komplek perkantoran pemkot Cimahi, Kamis (25/11).

Bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional pada 25 November 2010, Ace berharap kualitas guru di Kota Cimahi terus meningkat seiring tuntutan yang ada. “Terutama kami tekankan dalam hal kompetensi sesuai latar belakang pendidikan dan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Umum Disdik Kota Cimahi Mardi S. mengatakan, permasalahan guru yang masih dihadapi Kota Cimahi saat ini adalah tidak meratanya jumlah guru sesuai mata pelajaran yang ada. Di satu sisi, total keseluruhan guru di Kota Cimahi cukup berlebih. Namun, untuk beberapa mata pelajaran tertentu, masih kekurangan guru.

Mardi menambahkan, di tingkat sekolah dasar, Kota Cimahi masih kekurangan guru kelas. Di tingkat SMP dan SMA, Kota Cimahi juga masih kekurangan guru bimbingan dan konseling (BK) dan guru mata pelajaran sain.

Sementara di beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia dan pendidikan agama, jumlah guru justru surplus. “Ini yang masih perlu kami benahi ke depan,” ucap Mardi.

Kendati demikian, kata Mardi, secara keseluruhan lebih dari setengah guru di Kota Cimahi sudah bekerja sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka. “Namun, kondisi ini tidak boleh membuat kami puas. Kami akan terus tingkatkan kualitas guru di Kota Cimahi,” ujarnya.

Seperti di daerah lain, peningkatan kualitas guru di Kota Cimahi juga tidak lepas dari proses sertifikasi yang terus dilakukan dari waktu ke waktu. Termasuk untuk guru swasta non PNS yang jumlahnya lebih dari lima ribu orang.

Mardi juga bersyukur, aturan kenaikan golongan bagi guru membuat budaya riset dan karya tulis tumbuh subur di kalangan guru dan tenaga pendidik di Kota Cimahi. “Dengan aturan yang ada, mau tidak mau mereka sudah mulai membudayakan menulis dan melakukan penelitian,” katanya

1 komentar :

IBU TIJA mengatakan...

Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui MBAH RAWA GUMPALA saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan MBAH RAWA GUMPALA yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti,MBAH RAWA GUMPALA juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penarik silahkan hubungi MBAH RAWA GUMPALA di 085316106111 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA