Informasi Seputar Kota Cimahi

Rabu, 23 Desember 2009

KUBE Bantu Pemkot Tingkatkan Kondisi Ekonomi Masyarakat di Cimahi



Keberadaan kelompok usaha bersama (kube) diharapkan mampu membantu pemerintah kota untuk meningkatan kondisi ekonomi masyarakat, terutama kalangan keluarga miskin (gakin). Di Kota Cimahi pembentukan kube disesuaikan dengan potensi yang ada di masyarakat dan dilakukan di sejumlah daerah kantung kemiskinan.

Untuk tahun ini, sekitar 38 kelompok usaha bersama (kube) mendapat bantuan stimulan dari Pemerintah Kota Cimahi. Bantuan tersebut berupa sarana dan prasarana pendukung usaha bagi keluarga miskin di Kota Cimahi. Ada sepuluh jenis bantuan yang akan diberikan pada masing-masing kube, tergantung pada potensi dan kebutuhan sesuai dengan wilayahnya masing-masing.

Bantuan itu di antaranya berupa ternak domba atau sapi, olah pangan, katering/memasak, pijat, menjahit, bengkel, dan lainnya. Selain memberikan bantuan, Pemkot Cimahi juga akan memberikan pelatihan berkaitan dengan bantuan yang diberikan. Masing-masing kube akan diberikan bantuan yang berbeda. Bantuan diberikan setelah dilakukan survei pada masing-masing wilayah dan atas rekomendasi dari kecamatan dan kelurahan.

Untuk lebih memantapkan lagi keberadaan kube, Pemkot Cimahi melalui Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Sosial dan Tenaga Kerja, mengadakan acara Sosialisasi dan Pemantapan KUBE di Kota Cimahi, di Gedung Serba Guna Dinas Sosial Propinsi Jawa Barat,Jl.Amir Mahmud-Kota Cimahi, Selasa (15/12).

Acara yang di buka oleh Walikota Cimahi, Ir.HM.Itoc Tochija,MM, dihadiri oleh sekitar tiga ratus warga yang merupakan anggota kube yang berasal dari lima belas kelurahan di wilayah Kota Cimahi.

Menurut Walikota Cimahi, Itoc Tochija, dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan kube di Kota Cimahi diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengentaskan keluarga miskin. Sedangkan pemberian bantuan itu hanya sebagai pancingan, dengan harapan bisa menjadikan masyarakat memiliki usaha dan menjadi mandiri ke depannya.

"Pengurangan jumlah kemiskinan menjadi tanggung jawab pemerintah kota. Dengan keberadaan kube ini, diharapkan bisa membantu pemberdayaan masyarakat guna mengentaskan kemiskinan," demikian kata walikota
Share:

0 comments:

BUKU CPNS 2021